Selasa, 12 Februari 2013

Profil kabupaten NIAS UTARA

Nias Utara adalah sebuah kabupaten yang terletak di kepulauan Sumatera bagian  Utara (sumatera utara), Republik Indonesia. Kabupaten Nias Utara ini telah diresmikan dan disahkan keberadaannya dalam kesatuan NKRI oleh Lembaga Menteri Dalam Negeri Indonesia, pada 29 Oktober 2008, Yang merupakan bagian pemekaran dari daerah induk yaitu Kabupaten Nias. Ibukota kabupaten ini adalah LOTU.

NIAS UTARA
Peta Nias Utara

Batas Wilayah Kabupaten Nias Utara

Sebagai sebuah kabupaten yang telah resmi dalam kesatuan negara republik Indonesia, NIAS UTARA memiliki wilayah dan batasannya. Berikut uraian wilayah perbatasan Kabupaten Nias Utara.
NIas Utara wilayah UtaraNIas Utara berbatasan dengan Samudera Indonesia
NIas Utara wilayah SelatanNIas Utara berbatasan dengan Kecamatan Botomuzoi, Kecamatan Hiliduho, Kecamatan Mandrehe,Kecamatan Mandrehe Utara, dan Kecamatan Moro'o
NIas Utara wilayah BaratNIas Utara berbatasan dengan Samudera Indonesia
NIas Utara wilayah TimurNIas Utara berbatasan dengan Samudera Indonesia, Kecamatan Gunung Sitoli Alo'oa, dan Kecamatan Gunung Sitoli Utara

Kecamatan-kecamatan terdaftar di Nias Utara

Selain wilayah batasan, nias utara (nourth nias) juga telah memiliki beberapa kecamatan yang telah terdaftar. antara lain sebagai berikut :
  • Daerah Kecamatan Afulu
  • Daerah Kecamatan Alasa
  • Daerah Kecamatan Alasa Talumuzoi
  • Daerah Kecamatan Lahewa
  • Daerah Kecamatan Lahewa Timur
  • Daerah Kecamatan Lotu
  • Daerah Kecamatan Namohalu Esiwa
  • Daerah Kecamatan Sawo
  • Daerah Kecamatan Sitolu Ori
  • Daerah Kecamatan Tugala Oyo
  • Daerah Kecamatan Tuhemberua

Lambang Daerah Nias Utara

Nias bagian utara juga memiliki lambang daerahnya sendiri. seperti dapat kita lihat pada gambar dibawah ini:
Lambang Daerah Nias Utara
Lambang Daerah Nias Utara

Masyarakat & Pemerintahan

Tentu saja sebagai kabupaten baru, nias utara memiliki pimpinan yang mengatur pemerintahan daerah tersebuat. Edward Zega adalah bupati Nias utara untuk periode ini. Terpilih sebagai bupati dalam pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara demokrasi ia diwajibkan bertanggung jawab pada daerah tersebut. Dengan luas wilayah sekitar 1.202,78 km2, Nias utara memiliki populasi penduduk dengan total 127.703 (2007).

Komoditi unggulan Masyarakat Kabupaten Nias Utara yaitu terletak pada sektor Sub sektor perkebunan komoditi yang diunggulkan berupa Kopi, Kelapa kakao, karet, dan cengkeh. Pariwisatanya yaitu wisata alam, wisata adat dan budaya.

Dmikianlah ulasan singkat tentang Profil Nias Utara, yang dikutip dari berbagai sumber dengan pustaka utama wikipedia.

Artikel Profil kabupaten NIAS UTARA ini ditulis oleh sahabat kita Geasera pada hari Selasa, 12 Februari 2013. Terimakasih atas kunjungan anda di Komunitas Blogger Nias Bersatu. Kritik dan saran tentang Profil kabupaten NIAS UTARA dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Dan jika anda ingin menyalurkan aspirasi melalui tulisan / berpatisipasi dengan kami silahkan :: Gabung Sebagai Penulis ::

:: Ya'ahowu !!!::


0 komentar: