Senin, 03 Desember 2012

Sastra dan Kebudayaan Nias


Pengertian Sastra dan Budaya

Secara etimologis satra adalah berasal dari kata “susastra” sastra berasal dari akar kata SAS artinya ajar, dan TRA berarti alat. sedangkan kebudayaan berasal dari akar kata BHUD(budi) kemudian BHUDAYA yang berarti buah budi.


Berdaasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sastra dan budaya bagaikan mata rantai yang saling terikat  satu sama lain. dimana sastra merupakan alat untuk mengajar dan kebudayaan lebih identik  dengan buah dari ajaran.

Di dalam Bahasa Nias kebudayaan berasal dari kata budaya,budi dan daya.
Budi = bowo   dan  daya = bua halowo
                                  
Sedangkan sastra berasal dari kata, sas dan tra.
Sas = famahao   dan  tra = dela

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan  bahwa sastra dan kebudayaan adalah dela wamahao moroi ba mbua halowo nono niha.



FOKLORE

Foklore adalah bagian dari sastra yang di ramu dalam sebuah kebudayaan masyarakat pada suatu tempat(daerah) atau wilayah. Foklore adalah hasil usaha masyarakat yang artistik atau lebih tepat disebut manivestasi kreatifitas manusia.

Foklore termasuk :

1. Mite 

Mite adalah dongen tentang dewa-dewa atau roh-roh halus dongen ini bertalian dengan anggapan /kepercayaan terhadap sesuatu diluar kemampuan manusia.sedangkan dalam foklore masyarakat   nias mite adalah niduno-duno  so amakhaita bazalua bawauri niha silo oroma horo simane hadia zalua bagafokha, bekhu, madaoya, bela ba boo nia.

2. Legenda

Legenda adalah dongen yang bertalian dengan kejadian atau kenyataan kenyataan alam sedangkan legenda dalam masyarakat nias adalah niduno-duno so amakhaita ba wo mboi banua siyawa awo dano simane hoho mboro ta dano niha.

3. Dongen Kawih

Dongen Kawih atau dongen yang diceritakan sambil bernyanyi sedangkan dalam masyarakat nias dongen kawih niduno-duno ma niowengusi fao fanuno simane siniuno ma umano “boi degu-degudo ina gu, hiza sitou nakhida.

4. Hikayat

Hikayat adalah cerita atau riwayat yang melukiskan pengalaman – pengalaman para orang2 terkenal,sedangkan dalam sastra daerah nias hikayat   adalah niduno-duno so amakhaita ba wao-wao waauri dra salawa,balugu,ba tuhenori,ere ba ono zalawa.simane umano wao-wao waauri tuada hia bazifalogo gomo.

5. Fabel

Fabel adalah sifat dan tingkah laku binatang menarik perhatian manusia. Dalam sastra nias fabel adalah niduno-duno so amakhaita ba gamuata gurifo simanae cerita bae ba boole, mao faoma harimo, manu faoma gi’a.

6. Sage

Sage adalah cerita dongeng yang dipertalikan dengan sejarah /kejadian pada suatu masa.sejarah di dasarkan pada fakta atau kenyataan alam. Dalam sastra daerah nias sage adalah niduno-duno so amakhaita ba mborota  banua ma ori.



Istilah foklore pertama sekali diperkenalkan oleh William J.Thomas pada tahun 1846,kata foklore berasal dari kata Folk(kreatif) yang memiliki pengenalan fisik atau kebudayaan yang sama mempunyai kesadaran kepribadian sebagai kesatuan masyarakat dan Lore (tradisi Folk)yaitu sebagai kebudayaanya yang diwariskan secara turun temurun secara lisan .oleh karena itu foklore adalah sebagai kebudayaan kolektif yang tersebar dan diwariskan secara turun temurun dalam bentuk lisan.

Dari pengertian tentang foklore ,foklore dapat identifikasi sebagai :

a. Foklore adalah komunikasi artistik kelompok kecil
b. Foklore adalah tindak
c. Foklore adalah penanda identitas kelompok masyarakat
d. Foklore berintikan penggabungan kreativitas perorangan dan kaidah sosial secara filosofi, politik, sosial, ekonomi dan hukum.

Bascom (dalam Danjaya 1988) mencatat 4 fungsi foklore:
a. Sebagai sistem proyeksi
b. Sebagai alaat pengesahan kebudayaan
c. Sebagai alat pedagogik
d. Sebagai alat pemaksa berlakunya norma masyarakat dan pengendali masyarakat.


Seperti yang telah diuraikan sebelumnya oleh Bascom(1998)sebagai sistem proyeksi adalah proyeksi angan-angan terpendam para remaja yg menganut piskoanalisa dari kalangan rakyat jelata misalnya untuk dapat hidup senang melalui  pernikahan dengan keluarga bangsawan /kaya raya,seperti cerita bawang merah dan bawang putih. sedangkan sebagai alat pengesahan kebudayaan adalah untuk menggegam adat istiadat yang di anut oleh masyarakat.

Misalnya dongeng “cecak yang menghianati nabi muhd.SAW” yang hingga kini masih dipergunakan oleh orang jawa untuk membenarkan anak-anak kampung membunuh dengan sumpitan cecak-cecak berwarna kelabu pada setiap jumat legi.

Ketiga adalah alat pedagogik yaitu peribahasa yang berbunyi “sehari selembar benang,lama-lama menjadi selembar kain” mengandung dengan pesan kepada anak-anak agar mereka pandai membagi waktu dalam pekerjaan,mencicil dan mempelajari.

Ilmu atau mengumpulkan kekayaan,jika dilakukan secara teratur maka tujuanya akan tercapai. Sedangkan ke empat sebagai alat pemaksa belakunya norma masyarakat dan pengendalian masyarakat misalnya,pagar makan tanaman yang dapat di gunakan untuk menyindir oknum yang jadi pemeras dan penghianat.

Berkaitan dengan foklore ini adam’s dalam carthi(2002) berpendapat fungsi foklore senantiasa sesuai  dengan konteks yang meliputi:

a. Kapan dan di mana cerita itu dikisahkan
b. Peristiwa yang mendahului cerita
c. Di ceritakan secara lisan /tidak
d. Gerakan dan ekspresi muka
e. Hubungan antara narator dengan pendengar
f. Jumlah dan tipe reaksi pendengar dan partisipan
g. Usia,pekerjaan,latar belakang etnik

Secara umum dikenal dua kecenderungan dalam mengkaji foklore pertama dengan menggunakan : 

1. Pendekatan filologi yang lebih mendekatkan pada seni verbal,kecenderungan yang kedua adalah pendekatan antropologi
2. Pendekatan diagnosis sosial yang berakar dari teori antropolgi
3. Pendekatan budaya yang bersumber dari teori antropologi budaya
4. Pendekatan kebahasaan khususnya etnolingguistik yang menekankan

Artikel Sastra dan Kebudayaan Nias ini ditulis oleh sahabat kita Efri Harefa pada hari Senin, 03 Desember 2012. Terimakasih atas kunjungan anda di Komunitas Blogger Nias Bersatu. Kritik dan saran tentang Sastra dan Kebudayaan Nias dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Dan jika anda ingin menyalurkan aspirasi melalui tulisan / berpatisipasi dengan kami silahkan :: Gabung Sebagai Penulis ::

:: Ya'ahowu !!!::


2 komentar:

I'm gone to tell my little brother, that he should also pay a quick visit this website on regular basis to take updated from most recent news update.

my website - adult sex chat