Rabu, 13 Maret 2013

Supaya anak anda menyukai pelajaran matematika

Komunitas Blogger Nias - Apakah anak anda kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran matematika? Ya, kemungkinan besar ini pasti terjadi dan tidak heran karna pelajaran hitung-hitungan adalah membosankan sekali bagi anak-anak yang selalunya ingin bermain sepanjang waktu.
pelajaran matematika
Matematika menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang. Sakit takutnya, beberapa anak malah mengalami fobia matematika. Hal ini bisa diatasi lho. Caranya adalah dengan melibatkan anak pada permainan matematika yang menyenangkan.

Berikut ini beberapa permainan yang bisa dicoba untuk mengasah rasa percaya diri anak di Pelajaran matematika sehingga bisa menghilangkan fobianya pada pelajaran hitung-hitungan tersebut, seperti dikutip dari Boldsky.

Permainan Menyenangkan belajar Matematika

Permainan MatematikaTeka-teki geometris 
Ini adalah permainan matematika sederhana untuk anak-anak. Berikan aneka bentuk yang berbeda pada anak-anak dan mintalah mereka untuk menggabung-gabungkan potongan-potongan yang ada sehingga terbentuk sebuah gambar. Aktivitas ini menyenangkan dan baik untuk otak anak. Tak hanya itu, teka-teki geometris juga membantu anak Anda dalam meningkatkan keterampilannya menganalisis.

Permainan Matematika Kubus Rubik Kubus rubik dengan banyak warna itu merupakan permainan matematika sederhana yang efektif bagi anak Anda untuk mengatasi fobia matematika. Permaianan ini meningkatkan kemampuan berpikir dan bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan kalkulasi.

Permainan Matematika Sudoku
Sudoku merupakan salah satu permainan populer dari Jepang yang bisa membantu anak bermain dengan angka. Saat bermain sudoku, anak-anak diminta mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak. Permainan ini melatih aktivitas otak dan meningkatkan kemampuan penalaran.

Permainan Matematika Menggandakan Angka
Jika Anda menyebut angka 6, maka anak harus menyebut angka 36. Sebab 36 adalah penggandaan dari 6 (6 X 6 = 36). Nah, dengan permainan penggandaan angka ini, maka matematika akan terasa lebih menyenangkan.

Setipe dengan permainan ini adalah setengah angka. Jadi ketika Anda menyebut angka 100, maka anak harus menyebut 50. Sebab setengah dari 100 adalah 50. Meski sederhana namun permainan ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak.

Permainan lainnya adalah menggabung sekelompok angka. Contohnya jika Anda menyebut angka 5, 6, 7 maka anak harus menyebut 18. Sebab 5 + 6 + 7 adalah 18.

Jadi, semoga artikel permainan matematika ini dapat menambah motivasi belajar bagi anak anda...amin

Artikel Supaya anak anda menyukai pelajaran matematika ini ditulis oleh sahabat kita Septyaman V. pada hari Rabu, 13 Maret 2013. Terimakasih atas kunjungan anda di Komunitas Blogger Nias Bersatu. Kritik dan saran tentang Supaya anak anda menyukai pelajaran matematika dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Dan jika anda ingin menyalurkan aspirasi melalui tulisan / berpatisipasi dengan kami silahkan :: Gabung Sebagai Penulis ::

:: Ya'ahowu !!!::


4 komentar:

dulu wktu masih sekolah pelajaran matimatika sangat gue benci....tp setelah bekerja saat ini justru didepi itungan itungan yg rumit,,harus giat belajar lg

Kadang masalahnya bagi orang tua adalah susah memaksa anak yang tdk sesuai dengan kesukaan mereka..

Artikel yang bagus, matematika pelajaran yang paling susah untuk disenangi.

kunjungi situs saya, mari kita berbagi ilmu bersama,

http://kecantikan.tips